Flashcard, Mempermudah Anak Belajar Membaca Tanpa Dipaksa

By | March 14, 2017

Ada banyak cara membuat anak senang belajar tanpa harus memaksa atau menyita waktu bermain mereka. Karena metode pelajaran yang satu ini juga bisa diterapkan sambil bermain yang tentunya akan membuat anak senang dan mudah mengingatnya. Metode belajar tersebut adalah dengan menggunakan flashcard atau kartu bergambar yang memang sudah didesain khusus untuk untuk anak usia balita agar bisa memahami dengan jelas setiap kata dan gambar yang ditunjukkan.

Setiap hari cukup luangkan waktu 15-20 menit saja untuk mengajak si kecil bermain dengan belajar dari flashcard. Jangan lupa juga bahwa Anda perlu memilih flashcard dengan kualitas yang bagus dengan bermacam-macam seri sehingga sang buah hati juga akan belajar banyak hal baru.

Namun ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebelum mengajari anak belajar membaca dengan flashcard seperti di bawah ini:

  1. Menyusun Flashcard Berdasarkan Kelompok yang Sama

 

Sebelum menunjukkan flashcard pada anak, ada baiknya Anda menyusun dahulu flashcard yang ada dan mengelompokkannya berdasarkan gambar yang sesuai. Misalnya gambar hewan dengan flashcard-flashcard bergambar hewan lainnya, atau flashcard gambar bunga dengan gambar-gambar bunga lainnya. Hal ini diperlukan agar si kecil tak bingung ketika belajar, jadi bisa sesuai urutannya.

 

  1. Pilih Flashcard dengan Gambar dan Tulisan Besar

 

Ada banyak jenis flashcard yang dijual di pasaran, begitpun dengan kualitasnya yang berbeda-beda. Namun untuk anak-anak, usahakan menggunakan flashcard yang berukuran cukup besar sehingga si kecil bisa melihatnya dengan leluasa. Selain itu, pilih juga yang memiliki gambar cukup mencolok karena warna yang terang dan bagus akan lebih membuat anak tertarik daripada yang hanya desainnya biasa saja.

 

  1. Satu Flashcard Hanya Berisi Satu Subjek

 

Jangan pilih flashcard yang berisi beberapa subjek seperti gambar satu ekor gajah dengan satu ekor kuda. Pilihlah flashcard yang berisi satu gambar saja untuk membuat si kecil mudah memahami dan tak kebingungan.

 

  1. Jangan Perlihatkan Flashcard Terlalu Lama

 

Ketika melihatkan flashcard pada anak, ada baiknya jangan terlalu lama dan cukup sekian detik saja dan membiarkan si kecil merekam apa yang baru saja dilihatnya.

 

  1. Hentikan Permainan Saat Anak Sudah Mulai Bosan

 

Mungkin banyak orangtua yang tak sabar melihat anak mereka bisa cepat membaca dengan baik sehingga terus-terusan saja mencoba merayu si kecil untuk belajar sambil bermain flashcard. Namun baiknya langsung hentikan permainan jika anak sudah merasa bosan dan tak bersemangat karena hanya justru membuat mereka kesal ketika dipaksakan.

 

  1. Jangan Paksa Anak Belajar Ketika Sedang Rewel

Kondisi emosional si kecil juga perlu diperhatikan ketika bermain flashcard. Jangan paksakan anak yang sedang rewel atau sakit untuk belajar sambil bermain flashcard. Hal ini bukannya akan membuat anak mempelajari apa yang telah dilihatnya namun justru menolaknya. Anda tentu tak ingin bukan si kecil jadi tak suka membaca di kemudian hari?

  1. Selalu Ajarkan Jenis-Jenis Flashcard yang Baru

 

Jangan hanya terpatok mengajari anak dengan flashcard berisi gambar hewan saja misalnya. Anda juga perlu mengajari mereka dengan gambar-gambar lain seperti bunga, jenis-jenis transportasi atau nama warna untuk membuat mereka belajar banyak hal yang baru. Jadi ajarkan satu set flashcard dengan jenis berbeda usai mengajari mereka dengan satu set flashcard yang lama.

 

Meski terlihat sederhana, mengajari anak menggunakan kartu edukasi tersebut rupanya cukup ampuh untuk membuat mereka belajar membaca sekaligus mengenali benda-benda di sekitar. Pasalnya di usia balita, otak anak akan dengan mudah menyerap informasi  yang diberikan selain itu gambar-gambar unik dengan desain khusus yang ada di flashcard juga lebih gampang diingat oleh anak.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *