Mengaji dan Belajar Alquran Sejak Dalam Kandungan, Dilanjutkan di Sekolah Berbasis Alquran

By | March 14, 2017

Setiap orang pasti akan langsung terpesona melihat para hafidz-hafidz kecil di Indonesia yang sudah mahir membaca dan menghafal setiap ayat dalam Alquran dimana orang dewasa pun belum tentu bisa melakukannya. Bagi para orangtua juga pasti menginginkan buah hati mereka tumbuh menjadi anak yang soleh dan sholehah serta sanggup menghafal ayat suci Alquran sejak usia dini.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua ketika ingin anak mereka terbiasa mendengar dan membaca Alquran. Tak harus menunggu sampai si kecil lahir dan mulai bisa berbicara, Anda dapat mengajarkan mereka langsung ketika masih berada di kandungan.

Berikut ada langkah-langkah mengenalkan Alquran pada janin dalam rahim ibu.

  1. Sering-seringlah membaca ayat suci Alquran dan seolah Anda sedang membacakan pada seseorang di dalam perut. Bacakan dengan khusyuk tanpa buru-buru dan ada baiknya jika terus diulang sebanyak 3 kali. Kebiasaan tersebut bisa dilakukan beberapa kali seperti 2 kali dalam sehari. Selain itu, kerja sama antar orangtua juga sangat diperlukan untuk proses tersebut.
  2. Selain membaca sendiri, Anda juga bisa mendengarkan lantunan murottal Alquran dalam kaset atau MP3 dan mendekatkan suaranya pada perut seolah si bayi bisa mendengarkannya juga. Adapun waktu yang baik untuk mendengarkan lantunan murottal ini adalah usai sholat Mangrib atau menjelang tidur.

Dengan demikian anak akan mulai terbiasa mendengarkan ayat suci Alquran dan tak asing lagi. Ketika beranjak dewasa kelak, mengajarkan mereka membaca kitab suci yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW ini pun akan lebih mudah. Namun selain mengajarkannya sendiri, Anda juga bisa mempercayakan pendidikan si kecil pada sekolah yang berbasis agama. Nantinya mereka tak hanya akan memiliki kecerdasan akademik, anak Anda juga akan cerdas secara afektif.

Sedangkan menjadi seorang hafidz atau penghafal Alquran juga memiliki banyak keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT tak hanya di dunia namun juga di akhirat nanti. Allah SWT telah memastikan tempat bagi para Hafidz di surganya kelak dan berkumpul dengan para mailaikat yang taat pada-Nya. Derajatnya juga akan ditinggikan ketika berada di surga serta mampu menjadi penolong di setiap kesulitan hanya dengan melantunkan ayar suci. Namun tak cuma bagi si Hafidz, kedua orangtuanya juga akan mendapat pertolongan dari setiap potongan ayat yang dihafal dan diamalkan oleh anak mereka.

Untuk itu bagi orangtua, jangan lupa untuk selalu berdoa pada Allah SWT agar mendapatkan keturunan yang hafidz serta lahir dengan selamat tanpa kekurangan satu apapun. Selain itu, mintalah pula seorang anak yang sholeh dan sholehah serta berbakti kepada orangtua dan bermanfaat bagi agama serta bangsanya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *