Mengasah Kreatifitas Hingga Belajar Komunikasi, Ini Pentingnya Balita Harus Banyak Bermain

By | March 14, 2017

Bagi kebayakan ibu muda di saat anak baru menginjak usia 1-5 tahun atau yang biasanya disebut balita, mereka akan lebih senang mendiamkan si kecil di rumah. Menghabiskan waktu bersama buah hati seolah menjadi kesempatan langka sebelum mereka tumbuh dewasa. Namun ada baiknya bagi Anda para ibu untuk membiarkan si kecil mengenal dunia di sekitarnya dengan cara bermain. Jangan takut mereka akan terluka, karena hal tersebut lah yang nantinya akan membuat buah hati Anda belajar melindungi diri untuk pertama kalinya serta mengasah kreatifitas hingga menumbuhkan jiwa sosial sejak dini.

Berikut ini ada beberapa manfaat penting untuk balita bermain di luar dengan teman sebaya maupun bersama orangtuanya mereka:

 

  1. Mengajarkan Balita Pentingnya Bersosialisasi Sejak Dini

 

Saat ini banyak dijumpai para balita yang sering kali ketakutan mengenal sosok  yang baru ditemuinya. Hal ini tentu saja disebabkan oleh si kecil yang tak terbiasa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan hanya terpaku mengenal kedua orangtua dan kerabat terdekat saja. Padahal mengajarnya anak bersosialisasi sejak dini sangat lah penting untuk membuat mereka tak menjadi sosok introvert atau tertutup di kemudian hari. Selain itu bersosialisasi juga secara tak langsung mengasah kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan intelektual (IQ).

 

  1. Mengasah Kreatifitas yang Terpendam

 

Bermain merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengasah kreatifitas seseorang. Bahkan dengan bermain, seseorang bisa tahu bakat terpendam yang ternyata dimilikinya. Hal yang sama juga bisa terjadi pada balita. Meski terkadang disepelehkan, bermain bisa mengenalkan pada si kecil tentang sesuatu yang baru, dan membuat mereka belajar. Jangan kaget jika suatu hari nanti buah hati Anda dapat melakukan hal baru yang sebelumnya tak pernah Anda ajarkan.

 

  1. Mengetahui Siapa Dirinya

 

Mengenal diri sendiri ada baiknya dilakukan sejak dini. Selain membuat mereka paham siapa sosoknya yang sebenarnya, hal ini juga dapat membangun rasa percaya diri ketika beranjak dewasa kelak. Membuat balita mengenal diri mereka sendiri juga merupakan salah satu manfaat dari bermain. Mereka akan paham apa yang mereka suka dan gemari begitupun sebaliknya.

 

  1. Membiasakan Beradaptasi dan Mempelancar Komunikasi

 

Sangat penting bagi balita untuk mengenal lingkungan sekitar mereka dan beradaptasi. Untuk itu ada baiknya jika para ibu biasa membawa buah hati mereka untuk bersosialisai sejak dini dengan kerabat maupun tetangga sekitar. Dengan begitu, anak akan paham apa yang ada di sekitar tempat tinggalnya dan orang-orang di sana. Anak juga bisa bermain dengan teman sebaya dan saling belajar satu sama lain. Selain itu, bersosialiasi dengan banyak orang juga mengajarkan mereka bicara sedikit demi sedikit dari orang di sekitar. Namun untuk hal ini, orangtua harus mengawasi dengan betul karena jangan sampai si kecil belajar sesuatu yang tak seharusnya di usia mereka.

 

  1. Mengajarkan Arti Penting Berbagi

 

Watak seseorang dibentuk sejak dini. Oleh karena itu, orangtua sering kali berupaya untuk mengajarkan anak mereka hal-hal yang positif sejak usia balita. Namun rupanya bermain pun memiliki manfaat yang sama baiknya, yakni mengajarkan anak arti penting berbagi. Bermain dengan teman sebaya mereka akan membuat anak mengerti apa itu kebersamaan, rasa saling memiliki dan arti berbagi.

 

Namun ada yang perlu diperhatikan oleh para ibu sebelum membiarkan putra-putri mereka bermain, yakni memastikan jika pemainan yang mereka mainkan aman. Selain itu, meski mengawasi namun jangan banyak terlibat dalam permainan si kecil dan biarkan mereka saling mengeksplorasi hal baru. Sedangkan sejumlah permainan yang bisa dimainkan diantaranya mengenalkan benda-benda di sekitar hingga menggambar dan bernyanyi bersama.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *