Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab Alquran

By | March 14, 2017

Saat ini banyak sekali perusahaan yang mencantumkan keterampilan berbahasa menjadi salah satu faktor keberhasilan calon pegawai baru, terutama jika mereka menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Seperti yang telah kita ketahui, Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional nomor wahid yang menghubungkan setiap orang dari negara dan bahasa berbeda untuk bisa saling bekomunikasi dengan lancar.

Tercatat ada 53 negara di dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka. Selain itu bahasa yang digunakan untuk 10 organisasi internasional termasuk Persyarikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini disebut telah dikuasai oleh lebih dari 500 juta jiwa. Bahkan ada pula negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka seperti Malaysia dan India.

Tak mengherankan rasanya jika orang yang memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris akan lebih diutamakan seperti saat melamar pekerjaan. Selain itu, dengan beragam kerja sama yang dilakukan oleh pemerintah dengan negara asing lainnya juga menuntut kita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris agar tak kalah dari warga negara lain terutama dalam kepentingan ekonomi.

Sementara itu, belajar bahasa Inggris tidaklah semenyeramkan yang kita bayangkan. Bukankah saat ini kurikulum pendidikan juga telah mewajibkan bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari sejak Sekolah Dasar (SD)? Jadi bahasa ini tidaklah terlalu asing di telinga kita. Apalagi untuk kita yang ingin mendalami ilmu sains dan teknologi diharuskan untuk menguasai bahasa Inggris karena banyak ilmu serta buku-buku berbahasa Inggris yang menerangkan tentang sains serta teknologi dengan mendalam.

Apalagi kini juga banyak sarana pendukung yang makin memudahkan kita belajar bahasa Inggris. Ada banyak buku serta contoh-contoh latihan soal yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa yang satu ini. Ada pula kamus-kamus saku berukuran kecil yang bisa dimanfaatkan untuk menambah hafalan kosa kata setiap harinya.

Sedangkan sama halnya dengan bahasa Inggris, bahasa Arab juga penting untuk dipelajari khususnya untuk kita yang beragama Islam. Dengan lancar berbicara bahasa Arab kita tak hanya unggul di dalam pekerjaan tetapi juga bisa mengartikan sekaligus memaknai setiap lantunan ayat suci Alquran yang kita baca atau dengarkan.

Pasalnya membaca ayat suc Alquran saja tanpa mengetahui arti dan maknanya terasa akan hambar. Karena apa yang ada dalam Alquran semuanya merupakan petunjuk untuk kehidupan ummat manusia di dunia yang diturunkan oleh Allah pada Nabi Muhammad SWT untuk disampaikan ke kaum Muslimin

Sementara itu, cara yang mudah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing seseorang adalah dengan mengajarinya sejak kecil seperti ketika sedang mengajari si kecil berbicara. Sedikit-sedikit gunakanlah bahasa asing untuk menyebut suatu kata atau benda untuk membuat mereka terbiasa nantinya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *