Profile Aswaja

SD Islam Aswaja

Sekolah PLUS - Fasilitas TOP - SPP TERJANGKAU

TK-SD Islam Aswaja Malang memfokuskan pada tiga pilar pendidikan, yang meliputi akademik, karakter Islami serta pengembangan bakat dan minat. Anak adalah amanah Allah SWT yang harus dididik sehingga mulia akhlaknya, sehat fisiknya, cerdas otaknya dan berkembang bakat kepribadiannya.

VISI

Menjadikan peserta didik pejuang Islam tangguh


Terwujudnya SD  Islam Aswaja Malang unggulan dan rujukan dalam pembentukan karakter keislaman dan kebangsaan, serta kecendekiaan peserta didik, serta menjadikan anak didik menjadi pejuang Islam yang Tangguh*

*) Maksud Pejuang Islam

Sejarah perjuangan Rasulullah Muhammad SAW dalam menegakkan agama Allah SWT adalah gambaran nyata perjuangan umat Islam sesungguhnya. Tak terkecuali yang terjadi di belahan bumi yang lain, termasuk di Indonesia saat ini.

Kalau dulu yang dilakukan pejuang Islam dalam menyebarkan agama Islam seperti yang dilakukan oleh “Wali Songo”. Sembilan Walyullah laki-laki penuh karisma merupakan gambaran umum pejuang Islam Indonesia khususnya di Pulau Jawa, dilakukan tidak hanya melalui dakwa tetapi juga dengan mengangkat senjata menghadapi musuh yang membangkang, menyerang dan yang menyakiti.

Tapi sekarang pejuang Islam berjuang mengajak orang mengenal Allah sebagai Tuhan, kemudian mengajak agar mengakui Allah SWT adalah Tuhan yang wajib disembah artinya mengajak orang masuk Islam. Membina dengan member tausyiah.  Sedangkan yang sudah Islam, Pejuang Islam berjuang mengusahakan, menyuburkan, meningkatkan nilai keislamnya dan kesejahteraan hidupnya secara social-ekonomi.

Usaha-usaha inilah yang memerlukan pengorbanan. Korban harta, korban tenaga, pikiran dan bahkan korban jiwa. Seperti yang tercantum dalam  Al-Qur’anul Karim Surat [QS: As-Shaf 61: 10-11]

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ (١٠)

تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (١١)

 

  1. Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?

 

  1. (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

MISI

Meneladani sifat Rasulullah SAW: Siddiq (benar), Tabligh (menyampaikan), Amanah (bisa dipercaya) dan Fathonah (cerdas)

MOTTO

Becoming SMART KID (Sholeh Mandiri Aktif Rajin Tangguh Kokoh Inisiatif Dinamis)

TUJUAN

Tercapainya manusia yang berilmu dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia dan mampu mengaktualisasikan di dalam kehidupan bermasyarakat yang plural berdasarkan Al-Qur'an dan As Sunnah.

PRINSIP

Berpegang teguh pada prinsip 'Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Aswaja) Annahdiyyah, meneruskan tradisi dzikir harian ala kitab Khulashoh Madad Nabawiy karya Al 'Alamah Al-Habib Umar bin Hafidz

TUJUAN LEMBAGA

Tujuan didirikannya lembaga TK-SD Islam Aswaja adalah:

  1. Memperkuat Aqidah Islamiyah anak usia dini dengan cara memfilter, membendung, menolak adat-istiadat maupun budaya, baik lokal maupun asing yang bertentangan dengan Aqidah Islamiyah Ahlus Sunnah wal Jama'ah.
  2. Menerima adat istiadat, maupun budaya baik lokal maupun asing yang sesuai dengan ajaran/sunnah Rasulullah Muhammad SAW.
  3. Membangun generasi Qur'ani yang unggul.
  4. Membekali anak dengan IPTEK, IMTAQ dan budi pekerti luhur ala Rasulullah Muhammad SAW.